SD BILAPORAH 01

Written by Unknown on Sabtu, 08 Desember 2012 at 05.43



SD BILAPORAH 01
Gedung SDN Bilaporah Timur 1, Kecamatan Ganding, Sumenep tampak kokoh. Kondisi gedung sekolah nyaris tiada tanda akan roboh. Namun, meski kondisi gedung sekolah masih bagus tetap tidak diminati oleh anak-anak untuk sekolah di lembaga tersebut.
Berdasarkan pantauan di lokasi, terdapat tiga orang guru PNS yang tetap aktif mengajar kepada satu siswa. Siswa kelas 1 yang tetap konsisten belajar itu, bernama Putra Dedy Dermawan. Sedangkan dua siswa lainnya, Fendi dan Fitriyato telah pindah ke Madrasah Ibtidaiyah tak jauh dari sekolah tersebut.
Kepala SDN Bilaporah Timur 1, Kecamatan Ganding, Moh Imam menjelaskan, siswa di lembaganya sekitar tahun 1987-1990 cukup banyak. Bahkan, jumlahnya mencapai sekitar 360 siswa. Akan tetapi, saat ini hanya tinggal satu siswa.
“Sekolah ini (SDN Bilaporah Timur 1) siswa sangat banyak. Sebab, hanya satu-satunya sekolah yang ada di desa ini. Tapi, sekarang sudah tidak siswa lagi yang ingin sekolah,” ujarnya, Rabu (11/01/2012).
Merosotnya siswa di lembaga tersebut ditengarai karena menjamurnya lembaga MI di bawah naungan Kantor Kementerian Agama (Kamenag) Sumenep. Terbukti, dalam satu desa sebanyak lima MI yang berdiri tak jauh dari SDN Bilaporah Timur 1.
“Kami sebagai guru, tetap mengajar dengan cara bergantian. Sebab, berapapun siswa yang sekolah, kami wajib mengajar,” terangnya.
Sementara itu, Kabid Pendidikan Sekolah Dasar Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sumenep, A Shadik mengatakan, di SDN Bilaporah Timur 1, sudah masuk lembaga pendidikan yang akan di regroping karena siswanya tidak ada.
“Jika siswa kurang dari 60 siswa, maka akan diregroping. Cuma, jika di daerah itu tidak ada sekolah lagi dan masih dibutuhkan, maka tidak akan diregroping,” ujarnya kepada wartawan.
Sumenep Kekurangan Murid
Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Sumenep A Shadik memastikan SDN Bilaporah Timur 1 Kecamatan Ganding akan dihapus. Alasannya, siswa sudah tidak ada sehingga masuk diregroping. “Soal kapan akan dilakukan regroping, kita menunggu kebijakan dari Kepala Dinas Pendidikan,” terangnya.
Anggota Komisi D DPRD Sumenep, Nur Asyur, menegaskan, Disdik Sumenep semestinya mengambil kebijakan untuk SDN tersebut. Misalnya, segera dilakukan regroping karena kasian terhadap siswanya.
Selain itu, lanjutnya, di Sumenep secara keseluruhan memang kekurang siswa. Dia menjelaskan, jika sekolah terdapat 6 rombel  berarti jumlah rombel sebanyak 622 SDN x 6 Rombel sebanyak 3.732 rombel.
“Dan apabila 1 rombel terdapat 28 murid maka jumlah murid yang seharusnya ada sebanyak 107.496 murid. Sedangkan kondisi sekarag di Sumenep, murid yang ada 67.913 mudri SD sehingga Kekurangan murid sebanyak 36.583,” terangnya.

0 Responses to "SD BILAPORAH 01"

Blogroll

Labels

About

Sasuke's Mangekyō Sharingan

Blogger templates

Blogger news

« »
« »
« »
Get this widget
« »
« »
« »
Get this widget

Instructions

Recomended

Muhammad Mahrus Ali. Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Blog Archive

Followers

Pengikut

About the author

This is the area where you will put in information about who you are, your experience blogging, and what your blog is about. You aren't limited, however, to just putting a biography. You can put whatever you please.